Kerugian Besar yang Dialami AFF Jika Timnas Resmi Keluar.jpeg

Berikut Kerugian Besar yang Dialami AFF Jika Timnas Resmi Keluar

Bolakunews.com – Beberapa supporter Indonesia melontarkan protes keras ke Liga Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) buntut dari ketidakberhasilan tim nasional Indonesia U-19 meluncur ke semi-final.

Bahkan juga, cukup banyak juga warganet yang menekan Indonesia untuk keluar keanggotaan AFF sebab menganggap diakali di Piala AFF U-19 2022.

Ini berawal saat tim nasional Indonesia U-19 tidak lolos ke semi-final Piala AFF U-19 2022 karena pemakaian mekanisme head-to-head bukannya keproduktifan gol.

Indonesia, Vietnam, dan Thailand sebenarnya sama mengumpulkan 11 point di klassemen akhir Group A. Tetapi, Vietnam dan Thailand memiliki hak bisa lolos karena bermain seri 1-1 pada pertandingan terakhir.

Dalam pada itu, Indonesia cuma sanggup bermain tanpa gol saat bertemu Vietnam dan Thailand. Karena hasil ini, Indonesia dipandang kalah secara head-to-head dari ke-2 peserta itu.

Kerugian Besar yang Dialami AFF Jika Timnas Resmi Keluar

Buntutnya, warganet berasa marah dan mencak-mencak di sosial media. Ada banyak tekanan yang minta Indonesia untuk keluar AFF.

Berikut Bolakunews.com menyuguhkan kerugian untuk AFF jika Indonesia memilih untuk keluar keanggotaannya.

1. Moment Sepi karena Indonesia Punyai Banyak Supporter

Beberapa turnamen yang diadakan di bawah lindungan AFF akan sepi pecinta karena Indonesia mempunyai supporter yang fanatik.

Fanatisme itu tidak cuma diperlihatkan di stadion, tapi juga dari monitor kaca dan sosial media. Ini sudah pasti menambahkan nilai plus untuk kompetisi AFF karena tingkatkan daya jualnya.

BACA JUGA:  Klasemen Grup A Sea Games U23 2021 - Myanmar Ambil Alih Posisi Puncak, Timnas Indonesia U-23 Tidak Beranjak

Jika keluar AFF, karena itu efeknya ialah Indonesia tidak ikut kompetisi itu dan pada akhirnya moment-event itu jadi sepi pecinta.

Ini bisa memengaruhi peringkat tayangan laga AFF, dan engagement alias capaian di sosial media.

2. Kehilangan Anggota yang Punyai Banyak Stadion Berkualitas

Salah satunya keuntungan untuk AFF mempunyai Indonesia sebagai salah satunya anggotanya adalah terdapatnya stadion berkualitas yang menjadi venue laga atau kompetisi.

Bila dibanding dengan beberapa negara lain, Indonesia terhitung salah satunya anggota yang punyai stadion berkualitas yang pantas untuk melangsungkan beberapa laga internasional.

Beberapa stadion salah satunya bahkan juga telah bisa lolos klarifikasi FIFA untuk dipakai sebagai venue ajang Piala Dunia U-20 pada 2023 kedepan.

3. Kejuaraan Piala AFF Tidak Menarik Kembali

Kejuaraan yang berjalan di bawah lindungan AFF bisa juga kehilangan nilainya tanpa kesertaan tim nasional Indonesia.

Salah satunya hal yang memikat pada AFF memang Indonesia yang punyai support hebat dari stadion. Kualitas tim nasional Indonesia bisa juga menandingi Malaysia, Thailand, sampai Vietnam.

Jika Indonesia keluar AFF, karena itu team-team itu akan kehilangan musuh yang kuat untuk ditemui. Ini terang kurangi nilai bersaing dari gelaran-ajang yang berjalan di bawah AFF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *